ACCSM Indonesia

Indonesian || English

ACCSM Indonesia
Menu Utama
Home
Deskripsi Singkat
Negara Anggota
ASEAN Resource Center (ARC)
Work Plan
Focal Point


Deskripsi Singkat

ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM) Kerja sama ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM) merupakan forum tertinggi kerja sama bidang kepegawaian di ASEAN yang dibentuk pertama kali pada tahun 1981. Diinisiasi pertama kali dengan nama ASEAN Conference of Reforms in the Civil Service (ACRCS), ACRCS berkembang menjadi ASEAN Conference on Civil Service Matters pada 1987 dan terkahir diubah menjadi ASEAN Cooperation on Civil Service Matters pada 2015. Negara - Negara Anggota Kerja Sama ACCSM yaitu Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, dan Vietnam (Sartika, 2017, p. 1).


Tujuan penyelenggaraan ACCSM adalah:

a.   Meningkatkan kerjasama kepegawaian diantara Negara ASEAN guna mendukung pengembangan SDM PNS dan Sistem Manajemen Kepegawaian Nasional, dan kepegawaian ASEAN pada umumnya;
b.   Meningkatkan wawasan pengetahuan di bidang kepegawaian melalui alih pengetahuan dan wawasan diantara Negara Anggota;
c.   Memperkokoh kerja sama antar bangsa di kawasan guna mendorong percepatan Integrasi ASEAN secara penuh pada tahun 2015. Sasaran ACCSM adalah:
d.   Tercapainya kesepakatan dan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan kepegawaian yang dihadapi masing-masing negara anggota, dan ASEAN;
e.   Adanya nilai baru tentang arah pengembangan sistem manajemen kepegawaian ASEAN guna mendorong pengembangan sistem manajemen kepegawaian dan SDM PNS di masing-masing Negara Anggota, dan ASEAN.

Hingga saat ini, ACCSM secara konsisten menjadi platform bagi pertukaran informasi, inovasi dan praktik – praktik terbaik manajemen kepegawaian di ASEAN. ACCSM juga terus berupaya mempromosikan kerja sama yang efektif antara lain dalam hal pembangunan kapasitas untuk mempersempit kesenjangan pembangunan di ASEAN.

ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM) Plus Three

Perluasan kerja sama ACCSM dengan Mitra Dialog ASEAN dimulai pada tahun 2008 ketika pada open session sidang, ACCSM menyambut China, Japan dan Republik Korea sebagai mitra kerja sama ACCSM yang dikenal dengan Negara Plus Three. Selanjutnya pada Oktober 2009 di Vientiane, Lao PDR diselenggarakanlah the Inaugural ASEAN Plus Three Conference on Civil Service Matters yang menyepakati area kerja sama kepegawaian antara ASEAN dengan Negara Plus Three (ASEC, 2017).


Untitled Document








ACCSM Indonesia
Home    Deskripsi Singkat    Deklarasi    Asean Resource Center (ARC)    Negara Anggota    Work Plan    Focal Point