Yayasan Umar Kayam ditunjuk sebagai konsultan Mid Term Review (MTR) Nasional

Jakarta – Kementerian bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan kick off meeting MTR Nasional Cetak Biru Pilar Sosial Budaya ASEAN 2025. Melalui fasilitas video conference zoom, Dr. Yohan, selaku Kepala Biro Perencanaan Kemenko PMK membuka rapat yang dilaksanakan pada hari Senin (15/6/2020). Rapat yang dihadiri oleh seluruh perwakilan badan sektor di bawah pilar sosial budaya ASEAN tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menyatukan langkah antara badan sektoral.

Dalam pelaksanaannya, Kemenko PMK selaku SOCA Leader Indonesia menunjuk Yayasan Umar Kayam sebagai konsultan dalam pelaksanaan MTR Nasional tersebut. Konsultan akan melakukan berbagai macam metode untuk pengumpulan data review, seperti menyebarkan kuesioner kepada 15 badan sekoral, melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan perwakilan badan sektoral dan juga Non-Government Organization (NGO). Secara formal, Dalam hal ini, badan sektoral tidak hanya menghitung capaian target, tetapi juga dapat menghitung capaian tahun ini terhadap baseline. Konsultan bertugas sebagai pelaksana dari MTR itu sendiri dengan alat-alat penelitian yang sudah disediakan. Laporan akan disusun dan disempurnakan oleh konsultan akan dipresentasikan pada workshop nasional awal agustus mendatang.

Untuk menyusun laporan MTR tersebut, konsultan membutuhkan beberapa hal dari badan sektoral, seperti perkembangan implementasi kegiatan dalam Rencana Aksi Nasional (RAN). “Dalam menyusun RAN, badan sektoral menyandingkannya dengan Indikator Kerja Utama (IKU),” ujar Dr. Yohan dalam presentasinya. Selain IKU, badan sektoral juga mencantumkan baseline yang sudah ada. Dalam hal ini, badan sektoral tidak hanya menghitung capaian target, tetapi juga dapat menghitung capaian tahun ini terhadap baseline. Selain implementasi RAN, konsultan juga membutuhkan data perkembangan implementasi rencana kerja dan deklarasi yang diusulkan badan sektoral, dan juga data lainnya sesuai kebutuhan MTR Nasional.

Setelah dilaksanakan secara nasional, ASEAN Secretariat akan berperan sebagai konsultan regional ASEAN. MTR yang telah disusun oleh setiap Negara Anggota ASEAN diserahkan kepada ASEAN Secretariat. Sebagai konsultan regional, ASEAN Secretariat bertugas untuk menyelaraskan hasil dari masing-masing review di negara-negara ASEAN. (van/dw)

0

User Rating: 2.25 ( 1 votes)
Show More

Related Articles

Close