Persiapan Sidang SOC-COM ke-15 dan SOCA Meeting ke-28

Jakarta –  Selain membahas tentang Mid-Term Review (MTR) Nasional, Kementerian bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga membahas tentang persiapan Senior Officials Coordinating Conference on the ASEAN Socio-Cultural Community (SOC-COM) ke-15 dan juga Senior Officials Committee for the ASEAN Socio-Cultural Community (SOCA)ke-28. Kedua sidang tersebut rencananya akan diadakan melalui fasilitas video conference zoom pada hari Rabu (17/6/2020) dan Senin (22/6/2020). Kedua sidang tersebut merupakan forum tertinggi dalam pilar ASEAN dan akan dihadiri oleh perwakilan tertinggi dari masing-masing pilar.

SOC-COM adalah forum koordinasi teknis lintas-sektor dan lintas-pilar bagi pejabat tinggi Pilar Sosial Budaya ASEAN. Sidang tahunan ini memiliki beberapa agenda utama bagi pilar sosial budaya, salah satunya bidang prioritas pilar di bawah keketuaan Viet Nam. “Sementara, program prioritas yang sesuai dengan Indonesia adalah penguatan solidaritas antar sesama Negara Anggota ASEAN dan memperkuat kesadaran dan Identitas Masyarakat ASEAN,” ungkap Dr. Yohan selaku Kepala Biro Perencanaan Kemenko PMK. Selain itu, ada juga agenda tindak lanjut hasil SOC-COM ke-14, MTR cetak biru ASCC 2025, dan usaha-usaha ASEAN dalam menghadapi COVID-19.

Adapun sidang SOCA merupakan sidang pejabat tinggi yang diperuntukkan hanya bagi pilar sosial budaya ASEAN, berbeda dengan SOC-COM yang merupakan sidang lintas pilar. Materi yang dibahas dalam sidang SOCA ke-28 merupakan bagian dari hasil Sidang SOC-COM ke-15, MTR ASCC, ASCC Secondment Officer, dan Outcome Documents SOCA ke-28. Outcome Documents SOCA ke-28 adalah ASEAN Declaration on Human Resource Development for the Changing World of Work. Deklarasi yang diusulkan oleh ASEAN Education Ministers Meeting (ASED) dan ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) tersebut dimaksudkan untuk diadopsi pada KTT ASEAN ke-36. Selain itu, ada juga Terms of Reference (ToR) dari ASEAN Technical and Vocational Education and Training (TVET) Council untuk dinotasi pada KTT ASEAN ke-36.

0

User Rating: Be the first one !
Show More

Related Articles

Close