Tuntaskan Pengembangan Aplikasi, Tim ARC: A-EXPECS Selenggarakan Rapat Koordinasi

Jakarta- Untuk memastikan pengembangan Aplikasi ASEAN Resource Center: ASEAN Pool of Experts on Civil Service (ARC: A-EXPECS) Tahun Anggaran (TA) 2020 tuntas sebelum deadline 2 Agustus 2020, Tim ARC: A-EXPECS BKN menyelenggarakan rapat koordinasi secara daring pada Senin (29/06)/2020). Rapat koordinasi ARC: A-EXPECS ini merupakan rapat rutin mingguan dan telah dilaksanakan oleh Tim ARC: A-EXPECS sejak awal pengembangan aplikasi pada Maret hingga sekarang. Melalui koordinasi Subbagian Kerja Sama Luar Negeri, Bagian Hukum dan Kerja Sama, Tim ARC: A-EXPECS adalah kolaborasi antara Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Direktorat Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi ASN, Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian, dan Direktorat Infrastruktur Teknologi Informasi.

Sedianya, Tim menargetkan aktivitas pengembangan aplikasi selesai pada akhir Juni. Namun demikian, keadaan kahar (force majeure) wabah COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret hingga saat ini memaksa Tim menyesuaikan target penyelesaian. Dari target sebelumnya pada Maret, Tim memperbarui target penyelesaian sampai akhir Juli.

Mengacu pada dokumen Kerangka Acuan Kerja (KAK) ARC: A-EXPECS TA 2020, kegiatan pengembangan aplikasi mencakup empat belas aspek pekerjaan, baik berupa penyempurnaan modul sebelumnya maupun pembangunan modul baru. Keempat belas aspek tersebut meliputi pembuatan modul (1) Survey Kepuasan, (2) Peta Demografi Expert, (3) Manajemen Berita, (4) Event, (5) Review Narasumber, (6) Pengajuan Permohonan Narasumber (Invitation), dan (7) Verifikasi Member, serta penyempurnaan modul (8) Restrukturasi Database, (9) Fitur Lost Password, (10) Menu Profile, (11) Menu Groups, (12) Menu The Wire, (13) Menu Message, dan (14) Menu Administration.

Melalui uji aplikasi yang dilakukan oleh seluruh peserta rapat, rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama, Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama ini mengkonfirmasi kemajuan penyelesaian pengembangan berbagai modul secara signifikan. Jika dibandingkan dengan progress pengembangan pada akhir Mei dengan rerata capaian penyelesaian 89% dari total empat belas aspek pekerjaan dengan nilai terendah pada Aspek Peta Demografi Expert sebesar 60% dan Fitur Lost Password sebesar 70%, per hari ini rapat koordinasi mencatat perkembangan rerata capaian penyelesaian seluruh aspek pekerjaan aplikasi sebesar 94% dengan perkembangan Modul Peta Demografi sebesar 90% dan Fitur Lost Password stagnan di 70%.

Bertolak dari kemajuan pengembangan tersebut, Tim ARC: A-EXPECS optimis dapat merampungkan seluruh aspek pekerjaan pengembangan aplikasi sebelum target akhir pada 2 Agustus 2020. “Hari ini saya melihat modul-modul utama aplikasi telah berfungsi dengan baik. Kecuali Fitur Lost Password yang progressnya masih stagnan. Saya optimis Tim dapat menuntaskan target penyelesaian pengembangan aplikasi sebelum 2 Agustus 2020 sepanjang Tim berkoordinasi terus-menerus mengawal aktivitas penyelesaian pengembangan aplikasi ini,” tegas Dewi Sartika, Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama pada Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama BKN. (mau/dw)

0

User Rating: Be the first one !
Show More

Related Articles

Close